RSS Feed

Nasehat Nabi dan Wasiat Hutang yang Baik (Takhrij hadis no. 574 – 575 Dalam Kitab Dalilul Farihin)

image

hadis sosial

1. Hadis nomer 574 dalam kitab dalilul farihin (nasehat nabi kepada muslim)

a. matan dan terjemah (sohih bukhori no. 5964)

حديث علي بن عبدالله حدثنا محمد بن عبد الرحمن اب المندرالطفاوي عن سليمن الاعمش قال حدثني مجاهد عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهم قال اخذ رسول الله صلي الله عليه وسلم بمنكبي فقل كن في الدنيا كانك غريب اوعابر سبيل وكان ابن عمر يقول اذ امسيت فلا تنتظر الصبا واذا اصبحت فلا تنتظر المساء وخذ من صحتك لمرضك ومن حياتك لموتك

  

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Abdullah telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahman Abu Al Mundzir At Tufawi dari Sulaiman Al A’masy dia berkata; telah menceritakan kepadaku mujahid, dari Abdullah ibn Umar radliallahu anhuma dia berkata: Rasulullah SAW pernah memegang pundaku dan bersabda: jadilah kamu di dunia ini seakan akan orang asing dan seorang pengembara. Ibnu Umar juga berkata: Bila kamu berada di sore hari, maka janganlah kamu menunggu datangnya pagi, dan bila kamu berada di pagi hari janganlah menunggu sampai sore, pergunakanlah waktu sehatmu sebelum sakitmu, hidupmu sebelum matimu.

b. Kosa Kata
غريب  : Orang asing
(منكبي  : (kedua) bahu (ku)
عابر سبيل  : Pengembara

c. Cara pelacakan

Dengan menggunakan kata الدني كن في ditemukan di beberapa kitab, diantaranya:

– Shohih bukhori, dalam kitab riqaq (hal-hal yang melunakan hati), bab Sabda Nabi, nomer hadis 5964

– Sunan Turmudzi, dalam kitab ruhdi, bab maa jaa a fii qishril amal nomer hadis 2267

– Sunan Ibnu Majah, dalam kitab ruhdi, bab mastlud dunnya nomer hadis 4112

Dan hadis yang muncul di kitab lain seperti, musnad ahmad ibnu hambal nomer hadis 4624

d. Skema dan Sanad

Ali bin Abdullah bin Ja’far bin Najih (wafat: 234 H) -> Muhammad bin Abdur Rahman (wafat: 187 H) -> Sulaiman bin Mihran (wafat: 147 H)-> Mujahid bin Jabbar (wafat: 102 H) -> Abdullah bin Umar bin Al Khattab bin Nufail (wafat: 73 H).

e. Biografi

Ali bin Abdullah bin Jafar bin Najih
Kuniyah: Abu Al Hasan
Hidup: Di Negeri Bashrah
Tahun wafat: 234 H
Komentar ulama: An NasaI tsiqah mamum imam, Ibnu Hajar  tsiqoh

Mahammad bin Abdur Rahman
Kuniyah:  Abu Al Munzdir
Wafat: 187 H
Komentar Ulama: Abu Dawud  Laisa bihi bas

Sulaiman bin Mihran
Kuniyah: Abu Muhammad
Hidup: Kufah
Wafat 147 H
Komentar ulama: Abu Hatim Ar Rozy –  tsiqoh hadisnya dijadikan hujjah

Mujahid bin Jabbar
Kuniyah: Abu Al Hajjaj
Hidup: Marur Rawadz
Wafat: 102 H
Komentar ulama: Abu Zurah  tsiqoh

Abdullah bin Umar bin Al Khattab bin Nufail
Kuniyah: Abu Abdur Rahman
Hidup: Madinah (sahabat)
Wafat: 73 H
Komentar Ulama: Adz Zahabi  sahabat

f. Penjelasan Hadis

Hadits ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar berisi nasihat nabi shollallohu alaihi wa sallam kepada beliau. Hadits ini dapat menghidupkan hati karena di dalamnya terdapat peringatan untuk menjauhkan diri dari tipuan dunia, masa muda, masa sehat, umur dan sebagainya.
Di dalam hadis itu juga secara tersirat memberi kita sebuah nasehat untuk tidak membuang buang waktu dengan perbuatan yang sia sia, seperti yang sudah di jelaskan dalam surat Al Asr yang diawali dengan sumpah (demi masa) lalu dilanjutkan kenyataan bahwa (sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian), maka sebagai muslim yang baik waktu digunakan untuk mengumpulkan bekal di kehidupan selanjutnya.
Hadis di atas juga mengingatkan agar kita bersegera mengerjakan pekerjaan baik dan memperbanyak ketaatan, tidak lalai dan menunda-nunda  kerana dia tidak tahu bilakah datangnya ajal.

2. Hadis nomer 575 dalam kitab dalilul farihin (hutang yang baik)

a. Matan dan Terjemah (hadis bukhori no. 2546)

حدثنا عبدالله بن يوسوف اخبرنا مالك عن نافع عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما ان رسولوالله صلى الله عليه وسلم قال ما حق امرئ مسلم له شئ يوصي فيه يبيت ليلتين الا ووصيته مكتبة عنده تابعه محمد بن مسلم عن عمر عن ابن عمر عن النبي صلي الله عليه وسلم

Telah bercerita kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi’ dari ‘Abdullah ibnu Umar radliallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah SAW bersabda: tidak ada haq seorang muslimyang mempunyai suatu barang yang akan diwasiatkannya, ia bermalam selama dua malam kecuali wasiatnya ditulis di sisinya. Hadis ini diikuti juga oleh Muhammad bin Muslim dari Amru dari Ibnu Umar dari Nabi SAW.

b. Kosa Kata

حقّ : haq
مسلم : muslim
وصيته : wasiat

c. Cara pelacakan

Dengan menggunakan kata ما حق امرئ مسلم ditemukan di beberapa kitab diantaranya:

– Shohih Bukhori, Kitab Washoya, bab Washoya, nomer hadis 2546

– Sunan Tirmizdi, kitab janaiz, bab maa jaa a fiil hatsi ‘alal washiyah, nomer hadis 894

d. Skema dan sanad:

° Abdullah ibnu Yusuf -> MAlik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir -> Nafi’, Maula ibnu Umar -> Abdullah ibnu Umar bin Al Khattab bin Nufail

°° Muhammad bin Muslim bin Sawsan -> Amru bin Dinar Al Asram -> Abdullah bin Umar bin Al Khattab bin Nufail

Abdullah ibnu Yusuf
Kuniyah: Abu Muhammad
Negeri: Maru
Tahun wafat: 218 H
Komentar ulama’: Adz Zahabi – Hafiz

Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amr
Kuniyah: Abu ‘Abdullah
Negeri: Madinah
Wafat: 179 H
Komentar ulama’: Muhammad bin Sa’d – Tsiqah ma’mun

NAfi’ Maula ibnu Umar
Kuniyah: Abu Abdullah
Negeri: Madinah
Wafat: 117 H
Komentar ulama’: Al ‘Ajli – Tsiqah

Abdullah bin Umar bin Al Khattab bin Nufail
Kuniyah: Abu ‘Abdur Rahman
Hidup: Madinah (sahabat)
Wafat: 73 H
Komentar Ulama: Adz Zahabi – sahabat

e. Penjelasan Hadis

Ini berkat dengan orang yan harus berwasiat. Misal punya tanggungan dengan orang lain. Seseorang kadang berhutang dengan orang lain, karena meraka saling percaya maka mereka tidak menulisnya. Maka orang yang berhutang hendaknya menulis wasiat supaya dibayar hutangnya. Karena kalau tidak, sahabatnya bisa jadi akan menagih, karena tidak ada bukti, Ahli waris bisa saja tidak mempercayai, maka terjadi perselisihan, maka hendaknya ditutup pintu-pintu kamadhorotan tersebut.

Ini dalil kalau tidak ada kewajiban yang harus diwasiatkan maka tidak wajib dicatat wasiat, misalkan sedekah yang hukumnya tidak wajib maka wasiat sedekah tidak wajib pula.

Semangat sahabat menjalakan sunnah, maka hendaknya kita segera menulis wasiat, sebagaimana Ibnu Umar.

Kalau kita sering melihat wasiat kita akan ingat mati pula, karena memang dunia beserta segala pernak-perniknya ini yang membuat kita lupa, maka Allah telah mencela orang kafir, dalam surat Al Humazah(104) : 2

الَّذِي جَمَعَ مَالاً وَعَدَّدَهُ 

yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung

Hendaknya seseorang selalu memahami kalau harta yang kita kumpulkan tidak akan mengekalkan kita dalam dunia, kalau telah tiba ajal, maka selesai. Orang yang menulis akan tau kalau hidupnya tidak akan lama, ia akan menjauhi maksiat dan bersegera dalam kebaikan.

About cemoro sewu

im just a little boy.... "Ini Memang Aku" Aku memang tidak pandai berbahasa arab, apa lagi hafal Al-Qur'an Aku juga bukan anak sholeh yang tanpa kekurangan Tapi apakah kamu menyadari kesempurnaan hanya milik-Nya??? Aku memang berilmu sedikit, Tapi aku berusaha bersungguh sungguh untuk mengamalkan apa yang sudah ku pelajari,. Aku juga bukan orang berilmu, Tapi aku selalu memiliki kemauan untuk menjadi orang berilmu dan mendalami ajaran agama-Nya Aku tidak juga pandai berteori, jago berbahasa, hafal beratus ratus Hadist, Tapi aku slalu berusaha mencari tau mana yang halal dan mana yang haram untuk kuterapkan, mengaplikasikan dalam kehidupanku. Aku juga bukan dari kalangan orang kaya dan bergelimang harta, Tapi aku bersyukur untuk kehidupan kami yang sederhana, bahkan aku tersenyum jika ada yang menyebut kami miskin, karena itu membuktikan dan menjauhkan kami jauh dari fitnah rejeki haram. aku merasa kasihan mendengar celoteh orang orang yang berkata : " buat apa kita beribadah ?? apa kita yakin ibadah kita di terima apa tidak??" seharusnya lebih baik mereka berkata : " kewajiban kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Tuhan,urusan di terima ataupun tidak di terima itu merupakan urusannya Tuhan..." yah memang ini lah aku... yang tak tahu apapun itu...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: