RSS Feed

masalah, anu…

“Teruslah tumbuh, Sebab; pada suatu hari nanti akan ada burung yang bersangkar pada dahanmu ; memakan buah-buahmu. Untuk hidup”.

 

Hidup tak akan terlepas dari masalah. Bahkan, hidup bisa jadi adalah rangkaian masalah yang terus mengalir mengikuti perintah Sang Empunya Kehidupan. Namun, yakinlah bahwa masalah bukan untuk dihindari, karena bisa jadi penghindaran itupun menjadi masalah tersendiri.

Sejatinya, masalah adalah tugas yang mesti kita selesaikan agar perjalanan hidup selanjutnya menjadi lebih bermakna. Masalah juga merupakan jembatan untuk memasuki zona baru kehidupan yang sarat dengan kasih-sayangNya.

Sejenak akan terasa sangat sulit untuk di mengerti kenapa hidup manusia selalu di penuhi dengan masalah, layaknya keheningan malam yang terusik oleh nyanyian jangkrik. Namun bagi mereka yang memegang teguh keimanan dalam beragama (faithin religion), masalah merupakan “sesuatu” yang berfungsi untuk mendekatkan manusia kepada Tuhanya.

Sayangnya tidak semua manusia berpikiran semacam itu, karena menurut ilmu mantiq manusia merupakan jenis term universal yang pasti bermacam macam spektrum pemikirannya.

Tidak perlu jauh untuk memberi contoh akan masalah, coba kita lihat fakta yang terjadi saat ini. Republik Indonesia seperti bermuram durja, karena badan yang menaunginya sama sama berperilaku layaknya anak kecil ( suka bermain ). Dalam hal ini benar apa adanya yang di katakan oleh Presiden di Republik Jancuker, Sujiwo Tejo. Beliau berkomentar dalam acara ILC ( Indonesia Lawyers Club ) tadi malam, bahwasanya memang benar seharusnya kurikulum anak sekolah dasar harus di kompres, namun bukan sampai tujuh mata pelajaran, akan tetapi kalau bisa di kompres sampai tiga mata pelajaran saja, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, agar waktu bermain di habiskan di saat sekolah dasar, bukan lagi bermain main dengan “masalah” di panggung Negara.

Karena masalah menjadi sesuatu yang sangat meluas spektrumnya, tidak heran ada beberapa intelektual yang mencoba memberi pengertian atau definisi tentang masalah, diantaranya :

–      IRMANSYAH EFFENDI

Masalah adalah pelajaran saat anda sadar sebagai kesadaran jiwa, anda dengan mudah dapat melihat kelemahan dan masalah anda.

 

–      ABDUL CHOLIL

 

Masalah adalah bagian dari kehidupan. Setiap orang pasti pernah menghadapi masalah, bisa bersumber dari diri sendiri maupun bersumber dari orang lain.

 

–      JEFFEY LIKER

 

Masalah merupakan peluang untuk perbaikan, kebalikan dari masalah adalah peluang

 

–      JUJUN SUPARJAN SURIASUMANTRI

 

Masalah merupakan titik tolak dari seluruh kegiatan keilmuan yang akan dilakukan

 

–      ISTIJANTO

 

Masalah merupakan bagian yang paling penting dalam proses riset, sebab masalah memberi pedoman jenis informasi yang nantinya akan dicari

 

–      RICHARD CARLSON

 

Masalah adalah tempat terbaik untuk berlatih agar hati kita tetap terbuka karena masalah adalah bagian dari kehidupan kita

 

–      AGUNG WIJAYA

 

Masalah merupakan suatu keadaan yang tidak seimbang antara harapan/keinginan dengan kenyataan yang ada

 

–      MENURUT ILMU BIOLOGI

 

Masalah merupakan suatu pengertian / makna yang belum kita pahami tentang mengapa gejala benda dan gejala perustiwa di alam ini ada dan bisa terjadi atau mengalami proses serta mempengaruhi kehidupan kita

 

Boleh saja menyempatkan waktu untuk berfikir dan merenungi sejenak “ kenapa “ masalah ini berada di depan dan menghadang langkah kita, bahkan sangat perlu untuk menyediakan sedikit waktu buat kita untuk down, namun ingat hal tersebut di perlukan untuk mengatakan kepada Tuhan bahwasanya “ Aku tampaMu, bukanlah apa apa Tuhan…”.

Tuhan, ketika menciptakan sesuatu, PASTI di baliknya ada sesuatu yang lain. Seperti masalah, di baliknya ada sesuatu yang bernama “HIKMAH”.

Allah dan malaikat-malaikat pun mencatat derajat seseorang berdasarkan caranya menjalani masalah. Sungguh belum nyata siapa di antara hambaNya yang sungguh-sungguh beriman, tanpa teruji oleh masalah.

Tersenyumlah dan busungkanlah dada manakala masalah datang menerpa. Inilah kesempatan emas untuk membuktikan bahwa kita adalah hamba yang pantas untuk berada lebih dekat dengan arsy-Nya.

Berbahagialah, karena di balik kesulitan yang mendera ada sebuah kehidupan baru yang sarat dengan limpahan karunia tengah menanti.

Sungguh, masalah yang sebenarnya bukanlah terletak pada masalah yang menghadang. Akan tetapi, pada apa yang akan dilakukan dan pada apa yang telah siap diberikan agar masalah tersebut bisa menjadi mahar untuk kedudukan yang lebih mulia di sisiNya. ( Aa’ Gym )

 

Just a Little Boy – Cemoro Sewu

About cemoro sewu

im just a little boy.... "Ini Memang Aku" Aku memang tidak pandai berbahasa arab, apa lagi hafal Al-Qur'an Aku juga bukan anak sholeh yang tanpa kekurangan Tapi apakah kamu menyadari kesempurnaan hanya milik-Nya??? Aku memang berilmu sedikit, Tapi aku berusaha bersungguh sungguh untuk mengamalkan apa yang sudah ku pelajari,. Aku juga bukan orang berilmu, Tapi aku selalu memiliki kemauan untuk menjadi orang berilmu dan mendalami ajaran agama-Nya Aku tidak juga pandai berteori, jago berbahasa, hafal beratus ratus Hadist, Tapi aku slalu berusaha mencari tau mana yang halal dan mana yang haram untuk kuterapkan, mengaplikasikan dalam kehidupanku. Aku juga bukan dari kalangan orang kaya dan bergelimang harta, Tapi aku bersyukur untuk kehidupan kami yang sederhana, bahkan aku tersenyum jika ada yang menyebut kami miskin, karena itu membuktikan dan menjauhkan kami jauh dari fitnah rejeki haram. aku merasa kasihan mendengar celoteh orang orang yang berkata : " buat apa kita beribadah ?? apa kita yakin ibadah kita di terima apa tidak??" seharusnya lebih baik mereka berkata : " kewajiban kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Tuhan,urusan di terima ataupun tidak di terima itu merupakan urusannya Tuhan..." yah memang ini lah aku... yang tak tahu apapun itu...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: