RSS Feed

Tuhan dan Allah itu BEDA !!!

 

Sudah menjadi asumsi yang mengakar di sekitar kita, entah karena kesengajaan atau bukan, kata Tuhan di kamus di samakan dengan kata Allah, baik bagi pemeluk agama Islam, maupun Kristen. Di sini saya mencoba menjelaskan perbedaan mendasar dari kedua kata tersebut, berharap kabut yang menyelimuti bisa terungkap, semoga Gusti Pangeran meridhoi…

Baik, perlu di ketahui Tuhan itu istilah baru, digunakan pertama-kali ketika penerjemahan Alkitab ke bahasa Melayu. Menurut pengguna asli kata Tuhan, Tuhan artinya Tuan. Tidak lebih dan tidak kurang. Makanya ada istilah Tuhan Yesus yang di bahasa Jawa disebut sebagai “Gusti” Yesus.

Kalau istilah Tuhan kemudian menjadi sinonim dengan Allah, maka itu merupakan SALAH KAPRAH. Allah itu lain lagi, di bahasa Inggris dituliskan sebagai God. God itu Allah. Dan Lord itu Tuhan yang artinya Tuan.

Gambar

Makanya di Kristen ada istilah Tuhan Allah, maksudnya “Tuan” Allah, atau Gusti Allah di bahasa Jawa.

Ada juga istilah Tuhan Yesus, maksudnya Tuan Yesus, atau Gusti Yesus di bahasa Jawa.

Allah itu satu. Bahkan di Kristen, Allah itu tetap SATU. Tetapi yang namanya Tuhan atau Tuan bisa bermacam-macam. :

Ada Lord Jesus (Tuhan Yesus, Tuan Yesus, Gusti Yesus).

Ada Lord God (Tuhan Allah, Tuan Allah, atau Gusti Allah).

Ada Lord Mountbatten,

Lord Churchill,

Lord Voldermort,

macam-macam Lord atau Tuan. Atau Gusti.

Bahkan Gus Dur itu Lord juga.

Gusti Abdurrachman Wahid, disingkat menjadi Gus Dur. Bisa di-Inggriskan menjadi Lord Abdurrachman Wahid, atau Lord Dur.

Kenapa orang orang sulit memahami?? Karena memang ini Salah kaprah yang sudah MENGGILA, sehingga ketika muncul kata God di bahasa Inggris langsung saja diterjemahkan menjadi “Tuhan”.

Itu salah kaprah. Salah besar. God harus dan wajib diterjemahkan sebagai Allah. Kalau muncul kata Lord, yang jarang sekali, barulah diterjemahkan sebagai Tuhan. Artinya Tuan atau Gusti.

Lord Jesus diterjemahkan menjadi Tuan Yesus. Tetapi dituliskan dengan kata h, menjadi Tuhan Yesus.

Pengertiannya tetap sama, yaitu tuan atau gusti….

Just a Little Boy – cemorosewu

About cemoro sewu

im just a little boy.... "Ini Memang Aku" Aku memang tidak pandai berbahasa arab, apa lagi hafal Al-Qur'an Aku juga bukan anak sholeh yang tanpa kekurangan Tapi apakah kamu menyadari kesempurnaan hanya milik-Nya??? Aku memang berilmu sedikit, Tapi aku berusaha bersungguh sungguh untuk mengamalkan apa yang sudah ku pelajari,. Aku juga bukan orang berilmu, Tapi aku selalu memiliki kemauan untuk menjadi orang berilmu dan mendalami ajaran agama-Nya Aku tidak juga pandai berteori, jago berbahasa, hafal beratus ratus Hadist, Tapi aku slalu berusaha mencari tau mana yang halal dan mana yang haram untuk kuterapkan, mengaplikasikan dalam kehidupanku. Aku juga bukan dari kalangan orang kaya dan bergelimang harta, Tapi aku bersyukur untuk kehidupan kami yang sederhana, bahkan aku tersenyum jika ada yang menyebut kami miskin, karena itu membuktikan dan menjauhkan kami jauh dari fitnah rejeki haram. aku merasa kasihan mendengar celoteh orang orang yang berkata : " buat apa kita beribadah ?? apa kita yakin ibadah kita di terima apa tidak??" seharusnya lebih baik mereka berkata : " kewajiban kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Tuhan,urusan di terima ataupun tidak di terima itu merupakan urusannya Tuhan..." yah memang ini lah aku... yang tak tahu apapun itu...

2 responses »

  1. trus kenapa anda memakai kata “gusti pangeran” untuk menyebut Allah. bukannya Tuhan=Tuan=Lord=Gusti itu sama saja..?

    Balas
  2. Wow! Saya dapat pengetahuan baru dari tulisan ini. Thank you so much. God bless you.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: